KANTOR PERTANAHAN KOTA PEKALONGAN SERAHKAH SERTIPIKAT PROGRAM “SPKS” DENGAN PEMERINTAH KOTA PEKALONGAN UNTUK MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH (MBR)

Sebagai pelaksanaan Memorandum Of Understanding (MOU) antara Pemerintah Kota Pekalongan dan Kantor Pertanahan Kota Pekalongan yang ditanda tangani oleh dr. MOH. BASYIR AHMAD selaku Walikota Pekalongan dan Dr. Boedi Djatmiko HA, SH, MHum selaku Kepala Kantor Pertanahan Kota Pekalongan pada sekitar bulan Agustus 2008 (baca juga ” MOU Pemerintah Kota Pekalongan dan Kantor Pertanahan Kota Pekalongan ” )
Wawalkot
Maka pada tanggal 25 Mei 2009 kemaren bertempat di ruang pertemuan gedung Kantor Walikota Pekalongan, Bapak Abu Al Mafachir selaku Wakil Walikota Pekalongan secara simbolis melakukan penyerahan sertipikat baik yang berupa sertipikat Hak Milik yang diserahkan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) maupun sertipikat Hak Pakai yang merupakan aset milik Pemerintah Kota Pekalongan yang diterimakan kepada bagian aset daerah Pemkot Pekalongan. Adapun selain secara simbolis, sertipikat juga dibagikan secara bergiliran di masing-masing kelurahan dan Kantor Pertanahan Kota Pekalongan
Dalam kesempatan itu antara kedua lembaga baik Pemerintah Kota Pekalongan maupun Kantor Pertanahan Kota Pekalongan secara umum sepakat bahwa MOU yang ditanda tangani kedua pihak telah dapat terlaksana dengan baik, terlepas mungkin masih ada beberapa kekurangan yang kedepan jika memang memungkinkan akan dapat lebih ditingkatkan.
Adapun Kantor Pertanahan Kota Pekalongan sendiri untuk tahun 2009 masih mencoba menggali partisipasi masyarakat dalam sertipikasi tanah yaitu dengan mengadakan Progam Sertipikat Massal Swadaya (SMS), meski dari segi biaya agak lebih tinggi di banding program-program sebelumnya namun masih lebih rendah dibandingkan jika masyarakat mengurus sendiri-sendiri ke Kantor Pertanahan, dimana ditargetkan untuk tahun 2009 ini bisa mencapai 2000 bidang tanah yang dapat disertipikatkan.

kel_1
kel_2

kantor
Gambar-gambar saat pembagian sertipikat di Kantor Pertanahan dan Kantor Kelurahan Setempat

    • riswan
    • Agustus 19th, 2009

    nuwun sewu pak badhe tanglet, sebenarnya biayanya berapa, dulu katanya sertipikat massal 250rb kok saya ditarik 750rb…. ingkang leres pundi nggih….. matur nuwun

      • Saeful Zafar
      • Agustus 20th, 2009

      Untuk Pak Riswan, perlu diketahui kalo sertipikat massal itu ada beberapa jenis, antara lain PRONA, PRODA, AJUDIKASI, Massal Swadaya dan banyak lagi jenisnya.
      Dari berbagai jenis itu tentu beda pula biayanya, cuma garis besarnya yaitu kalo jenisnya proyek (PRONA, PRODA, AJUDIKASI) maka biaya untuk proses sertipikat di Kantor Pertanahan diluar Pajak dan BPHTB sudah disubsidi pemerintah, jadi Pemohon hanya dibebani biaya untuk keperluan yang memang dibutuhan untuk pemohon sendiri seperti materei, patok, fotocopi dokumen, biaya pologoro, biaya akta, leges dll.
      Sedangkan untuk Sertipikat Masal Swadaya (SMS) semua biaya ditanggung oleh masyarakat selaku pemohon.
      Jadi mungkin bapak perlu konfirmasi dulu apakah dua standar biaya yang bapak sampaikan itu untuk kegiatan yang sama atau berbeda ?
      Yang jelas untuk tahun 2009 ini ada dua kegiatan sertipikat massal di Kota Pekalongan yaitu PRONA (dapat subsisdi dari Pusat) dan Sertipikat Massal Swadaya (tidak ada subsidi)
      Atau untuk lebih jelasnya silahkan bapak langsung ke Kantor Pertanahan Kota Pekalongan untuk mendapat penjelasan lebih lanjut
      terimakasih.

    • Aji Prabu
    • September 7th, 2009

    Assalaamu’alaikum..

    Permisi Bapak, mau tanya.
    1. Biaya pologoro itu dasar hukumnya apa ya Pak, apakah didasarkan pada keputusan pemerintah desa?
    2. Utk besaran biaya pologoro di tiap2 desa apakah ada standardnya Pak ataukah besarannya diserahkan kepada keputusan desa?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: