Guru Agraria Terima Gelar Honoris Causa

Gunawan Wiradi dalam civitas akademi yang dikenal sebagai pakar agraria di Indonesia hari Kamis tanggal 28 Mei lalu menerima Gelar Doctor Honoris Causa (Dr. HC) dalam bidang “Sosiologi pedesaan dengan focus kajian agraria” dari Institut Pertanian Bogor.

Diusianya yang ke-77 itu sampai sekarang Beliau masih bersemangat dan sangat konsisten menganalisa masalah-masalah agraria di Indonesia, menurut Ketua Senat Akademi IPB Dudung Darusman Beliau selalu aktif mengkaji berbagai kebijakan agraria dan mempromosikan reforma agraria sebagai jawaban atas berbagai krisis di Indonesia.

Rektor IPB, Dr. Herry Suhardiyanto M.Sc pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa Gunawan Wiradi sangat dikenal sebagai sarjana yang tekun melakukan penelitian lapangan dan telah menghasilkan tulisan ilmiah yang merupakan sumbangan yang amat berharga bagi perkembangan ilmu pendidikan dan pengabdian masyarakat maka sudah sepantasnya kiranya IPB memberikan apresiasi terhadap peran dan kontribusi kepada Gunawan Wiradi, katanya.

Dalam orasinya Gunawan Wiradi mengatakan bahwa berhasilnya reforma agraria sangat bergantung dari keinginan elite politik yang berkuasa dan keinginan politik bisa terwujud jika ada pemahaman yang utuh terhadap seluk beluk agraria, teori-teori agraria dan kondisi masyarakat. Namun kenyataan dalam sejarah membuktikan bahwa usaha tani kecil di pedesaan mampu bertahan ditengah berbagai hantaman intervensi eksternal. Kenyataan tersebut menjadi pertimbangan dalam menentukan model reforma agraria di tanah air .

Sebagai pakar agraria Beliau mengingatkan rumitnya problem reforma agraria tidak harus membuat berbagai pihak untuk menyerah tetapi justru harus bersungguh-sungguh menjalankannya.

“Reforma agraria bukan semata-mata agenda pemerintah dan bukan pula agenda perjuangan rakyat tetapi harus menjadi agendanya seluruh bangsa”.

Gunawan Wiradi lahir di Solo, Jawa Tengah 77 tahun yang lalu tepatnya tanggal 28 Agustus 1932, lulus dari Fakultas Pertanian Universitas Indonesia Bogor (sekarang IPB) Tahun 1963 dan pernah meraih gelar M.Soc. Sc dari University Sains Malaysia tahun 1958 dan telah menulis buku sebanyak 257 buku.

Hadir dalam penganugerahan gelar Honoris Causa selain sejumlah tokoh dan aktivis, hadir pula Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, Bapak Joyo Winoto Ph.D yang duduk bersama Dewan Senat Guru Besar IPB. Dalam acara tersebut juga dihadiri pejabat Eselon I dan II BPN RI, pakar pertanian HS Dillon, Sekjen Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Usep Setiawan, Sekjen Federasi Serikat Petani Indonesia (FSPI), Henry Saragih aktivis dari Serikat Petani Pasundan, LSM dan aktivis pro petani lainnya.(*)

Pusat Hukum dan Humas BPN RI

(*) Diambil dari berbagai sumber

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: