USIA PENSIUN PNS 58 TAHUN ??

Akhir-akhir ini banyak pertanyaan yang beredar apakah benar batas usia pensiun Pegawai Negari Sipil diperpanjang menjadi 58 tahun. Dalam S.E. Menpan No. SE/04/M.PAN/03/2006 ditegaskan pula bahwa mengenai perpanjangan itu disyaratkan apabila memiliki keahlian dan pengalaman yang sangat dibutuhkan organisasi, memiliki moral dan integritas yang baik, menunjukkan kinerja yang baik, sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan oleh keterangan dokter Tim Penguji Kesehatan yang ditunjuk oleh Pemerintah dang dengan mempertimbangkan proses kaderisasi di lingkungan instansi bersangkutan . Baik dalam hal perpanjangan dan pemberhentian dinyatakan bahwa pertimbangannya dilakukan dalam sidang Baperjakat, gimana ada yang berminat ? (sumber : Bulletin BKN Januari 2008)

    • Drs. BAIDOWI NOOR
    • September 14th, 2008

    kalau anggota tni polri batas usia pensiun pada usia 58 tahun sebaiknya pegawai negeri sipil batas usia pensunnnya juga harus sama – sama yaitu menjadi 58 tahun

      • bang anton
      • Mei 5th, 2010

      setujuuuuu……?

    • Imam Roos Wahyudi
    • September 17th, 2008

    Saya setuju dengan Pak Baidowi. Pegawai Negeri kan ada 3 yaitu: Pegawai Negeri Sipil, TNI dan POLRI, maka seharusnya ya diperlakukan sama karena sama sama abdi negara. tidak boleh diskriminatif.

    • seger, SH, MM
    • November 17th, 2008

    setuju! kayaknya dengan semakin baiknya kondisi SDM kita, perlu ditinjau batas usia pensiun PNS. kalau TNI/Polri batas usia penisunnya 58, ya seharusnya PNS juga dong! adil kan?

    • Dodi ifanda SH
    • November 26th, 2008

    SETUJU!MAKIN BANYAK PELUANG KAMI GENERASI MUDA MENERUSKAN TUGAS ABDI MASYARAKAT asal jangan abdi keluarga aja/abdi pada atAsan saja.SUDAH SARAPAN DIRUMAH JANGAN JILAT LAGI SEPATU ATASAN donk

    • Saeful Zafar
    • November 26th, 2008

    Setuju banget pak dodi, yang penting mungkin dari awal rekrutmennya harus lewat seleksi yang ketat dan fair dan kalo bisa sistem skrg kerja dan kerja golongan sama gaji juga sama, harusnya sistem gaji sudah memperhitungkan kinerja masing-masing pegawai

    • Kari Marajo
    • Desember 18th, 2008

    Masa kerja kerja PNS cukup 56 tahun, jangan ditambah menjadi 58 tahun. Manusia kalau sudah diatas 56 tahun rasanya kurang produktif lagi, daya pikirnya sudah berkurang. Masa produktif untuk ukuran PNS 20 sampai 50 tahun.

      • Saeful Zafar
      • Desember 21st, 2008

      Kalo melihat angka pencari kerja sekarang yang begitu banyak mengantri jadi PNS, ada benarnya juga pendapat anda karena memberikan kesempatan bagi warga negara lain yang berkeinginan menjadi PNS juga

  1. Pemerintah,jawab donk. Banyak usul, saran respon masyarakat tentang usia pensiun pns 58 th. Terima kasih pemerintah

    • SUGINO
    • Maret 5th, 2009

    Dari dulu saya setuju usia pensiun pns 56 th, kalo sy ingin pensiun 60 th sebetulnya juga bisa, karena pd waktu itu sy bisa ke fungsional widyaiswara tetapi sy berpikir kalo sy pensiun normal(56 th) berarti ada formasi utk menggantikan saya, dan sy jg berfikir punya dua anak yg suatu saat juga butuh pekerjaan, dan syukur alhamdulillah menjelang pensiun anak2 sy sdh mendapatkan pekerjaan. saya kira sudahlah kita yg tua2 ini biar digantikan yg muda2, Terima kasih

  2. kunjungan perdana dan salam kenal yo.

  3. Saya setuju kalau Pensiun sampai Umur 58 Bagi PNS. asalkan kineerjanya baik.. 70 tahun aja gak masalah…
    Tapi bagi PNS yang kinerja nya JELEK haru di pensiunkan lebih dini…adil kan???

  4. sebaiknya pesiun itu 50 thn saja tapi basis gaji pokok yang dinaikkan agar tingkat kesejahteraan PNS tidak direndahkan oleh yang berpenghasilan puluhan juta perbulan. minimal mulai dari kalangan profesi atau fungsional. jangan pejabat karena dia ada tunjangan jabatan.

    • Mohammad rizal
    • Desember 2nd, 2009

    Sebaiknya pensiun PNS 58 tahun dengan tambahan persyaratan, misalnya : Pendidikan terakhir S2, golongan kepangkatan minimal IV a (pembina).

  5. Kalau dapat usia pensiun PNS disamakan dengan TNI dan POLRI, dan tidak hanya yang berpendidikan S1, S2 saja tapi untuk semua golongan dan untuk semua unsur pendidikan.

    • hamba ALLAH
    • Juni 24th, 2010

    s2 dan s1 sebaiknya naik 60 tahun

    kan mereka telah kuliah selama minimal 4 tahun

    • hamba ALLAH
    • Juni 30th, 2010

    tidak setuju
    mending cepat regenerasi
    PNS yg tua tua banyak yg korupsi
    mending ganti yg muda,
    enerjik, gak gaptek, idealisme masih kuat; terutama yg bukan dari honorer
    yg dari honorer udah terkontaminasi

    • THOMAS SUDARSO
    • Juli 20th, 2010

    bila ada permen yangterbaru tentang usia pensiun, tlg kiriman dong

    • siswant.B
    • September 17th, 2010

    Ketua korpri pusat kan dah mencanangkan dihadapan ribuan PNS bahwa pensiun 58 tahun akan dilaksanakan tahun depan th.2011 bagi seluruh PNS tanpa membedakan PNS dari lingkungan mana.Mudah2an Ketua korpri yang baru berjuang demi PNS,dengan berkordinasi untkuk menerbitkan PP.Pensiun 58 tahun.Dan bisa berlaku mulai 1 Januari 2011

  6. Ketua korpri pusat kan dah mencanangkan dihadapan ribuan PNS bahwa pensiun 58 tahun akan dilaksanakan tahun depan th.2011 bagi seluruh PNS tanpa membedakan PNS dari lingkungan mana.Mudah2an Ketua korpri yang baru berjuang demi PNS,dengan berkordinasi untkuk menerbitkan PP.Pensiun 58 tahun.Dan bisa berlaku mulai 1 Januari 2011terima kasih ketua korpri yang baru atas perhatiannya mudah2n tahun depan bisa diminati oleh PNS pusat maupun daerah.

    • tony
    • Agustus 20th, 2011

    ayo gmn ketua korpri pusat

    • paijo
    • September 18th, 2011

    Jangan dikotakkan antara generasi muda dan gnerasi tua. Kalo namanya koruptor bisa tua bisa muda. Gayus dan Nazaruddin itu masih sangat muda tp jumlah yg diembat sangat spektakuler.
    Setuju PNS pensiun minimal 58 th. TNI dan POLRI yg dibutuhkan otot dan otaknya bisa 58 th, mengapa PNS tidak ?
    Dan lagian mendidik PNS baru dr nol itu relatif mahal utk mebjadi semahir seniornya, mengapa PNS yg msh produktif di usia 56 th hrs pensiun.
    Di negara 2 lain rata2 pensiun utk pegawai pemerintah antara 58 – 62 tahun.

    • Ilyas
    • Oktober 21st, 2011

    Klu TNI Polri 58 thn pensiun koq PNS lain 56 thn. Seharusx trbalik krn TNI polri butuh otak N otot, atau seragam 58 thn supaya tdk ada diskriminasi yg menimbulkan kecemburuan sosial.

  7. Prpanjangan pensiun PNS hingga 58thn sbaiknya tdk perlu dprdebatkn & diprmaslahkn smestinya hrs disyukuri dan menjadi berkah, ALLAH SWT akan mengabulkn hal dimaksud apabila umat ciptaanNya mau bersyukur sehingga kecepatan pemberlakuan PP pengganti UU no.32 thn 1979 akan terwujud pada thn 2012 ini Subhanallah wabihamzdihi.

    • Hilda Damayanti :
      Komentar Anda sedang menunggu moderasi.
      Prpanjangan pensiun PNS hingga 58thn sbaiknya tdk perlu dprdebatkn & diprmaslahkn smestinya hrs disyukuri dan menjadi berkah, ALLAH SWT akan mengabulkn hal dimaksud apabila umat ciptaanNya mau bersyukur sehingga kecepatan pemberlakuan PP yg baru pengganti UU no.32 thn 1979 akan terwujud pada thn 2012 ini Subhanallah wabihamzdihi.

  8. Kementerian PAN-RB telah melaksanakan Reformasi Birokrasi TNI dan POLRI kini PNS juga berhak demikian maka perpanjangan pensiun PNS hingga 58 thn tdk usah dipermasalahkan lagi Pemerintah telah berupaya meningkatkan berubahan dalam remunerasi bagi PNS, Insya Allah pada tahun 2012 ini diberlakukan PP’nya kasihan kan PNS yg sudah mengurus masa pensiunnya tahun ini agar PNS yang golongan non eselon dapat menikmati kesenjangan perubahan mendasar sesuai dengan tujuan Reformasi dan Birokrasi.

    • wanita
    • Oktober 23rd, 2012

    kalo lihat masih banyaknya pengangguran… sebaiknya ditunda dulu perpanjangan usia pensiun deh terutama yang masih tingkat pelaksana alias kroco2 untuk memberi kesempatan yang lebih baik
    he he

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: